KPU Mura Buka Rekrutmen Anggota PPS

  • Whatsapp
banner 468x60

Musi Rawas,Media Perubahan.Com– Usai perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, Sabtu (15/2/2020) secara resmi membuka rekrutmen calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pengumuman itu disampaikan KPU Kabupaten Musi Rawas dengan nomor 84/PP.04.2.PU/1605/KPU-kab/II/2020 tentang seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara, untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Tahun 2020.

“Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019, kami buka rekrutmen secara terbuka untuk pendaftaran PPS sejak 15 Februari 2020,” ungkap Komisioner KPU Musi Rawas Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Syarifudin kepada Media Perubahan.com

Ditambahkan Syarif setelah pengumuman rekrutmen, kemudian pihaknya segera sesuai jadwal untuk melaksanakan tahapan penerimaan berkas calon pelamar PPS.

Sejumlah persyaratan bagi calon PPS meliputi, warga Negara Indonesia dengan usia paling rendah 17 tahun serta berdomisili dalam wilayah kerjanya, pelamar harus mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

“Selain pendidikan paling rendah SMA sederajat, calon anggota PPS juga harus benar-benar independen, tidak aktif dalam kegiatan politik apapun, termasuk juga tidak boleh berasal dari partai politik tertentu.

Setiap calon PPS juga tidak pernah dipidana penjara, lanjut Syarif, itupun berdasarkan putusan pengadilan, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

Kemudian tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU kabupaten/kota atau DKPP, serta belum pernah menjabat dua kali berturut sebagai anggota PPS.

“Calon PPS juga akan dilihat pengalamannya dalam penyelenggaraan Pemilu. Selain itu, penguasaan teknologi cukup penting bagi anggota PPS.

Karena Pilkada serentak 2020 ini, akan menggunakan rekapitulasi berbasis elektronik, bagi yang berminat silakan mengikuti tahapan yang kita umumkan.(Adv)

banner 300x250

Related posts